Tahukah Anda apa itu karisma?


Karisma adalah mimpi yang diinginkan banyak orang karena mereka percaya bahwa karisma itu adalah karunia Tuhan dan kunci dari hidup bahagia dan sukses. Karisma adalah kemampuan pribadi untuk menarik orang lain. 

Dari sudut pandang ortodoks, karisma adalah kualitas yang diwariskan dari manusia. Banyak psikolog berpikir bahwa itu adalah seperangkat keterampilan sosial yang dikembangkan dengan bantuan teknik psikologis.

Sayangnya, banyak dari kita yang masih tidak tahu arti yang benar dari kata karisma. 

Nah, jika Anda ingin menjadi seorang pemimpin magnetik dan hidup bersahabat dengan masyarakat, berikut adalah lima cara untuk menampilkan karisma dalam hidup Anda.


1. Kembangkan kepribadian Anda

Sebelum Anda memulai proses pengembangan pribadi, Anda harus mendefinisikan karakteristik kunci dari sifat batin Anda. Anda harus tahu dan menerima kualitas, baik positif dan negatif dari karakter Anda. Cari keunikan dan ekspresikan diri, jika Anda ingin orang lain menyadari keunikan Anda itu. 

Jika Anda bukan orang yang karismatik secara alami, cobalah mengembangkan keterampilan Anda dengan menggunakan teknik berikut. 

Duduk di depan cermin dan perhatikan sikap sopan santun Anda, emosi, dan juga gerak tubuh. Anda mungkin melihat pantulan diri sendiri dan merasakan kekuatan pandangan Anda. Latihan sehari-hari di depan cermin akan membantu Anda memajukan kualitas bahasa tubuh Anda.

Beberapa peneliti berpikir bahwa cara terbaik untuk memicu munculnya karisma dari dalam diri Anda adalah memelajari karakter favorit Anda. jangan lupa untuk terus mengembangkan mental, energi, dan intelektual Anda secara teratur. 

2. Belajar menginspirasi orang lain

Inspirasi adalah hal ajaib. Dari waktu ke waktu, inspirasi itu muncul dan memudar dari pikiran kita. Seni menginspirasi orang lain dimiliki oleh sejumlah orang-orang berbakat dan orang besar. Manusia adalah makhluk sangat kuat, tapi tanpa inspirasi dan motivasi mereka menjadi lemah dan apatis. 

Karisma adalah kualitas seorang pemimpin yang cerdik yang memiliki energi cukup untuk membangkitkan keinginan rakyat untuk hidup, menciptakan rakyatnya untuk bekerja lebih produktif. Pemimpin harus tahu bagaimana untuk memenuhi kebutuhan utama masyarakat.

Orang karismatik sering menjadi panutan bagi orang lain. Mereka hanya hidup dan menikmati kehidupan mereka sepenuhnya. Orang karismatik dapat memotivasi Anda dengan bantuan kata-kata inspiratif. Tindakan dan prestasi mereka dapat menginspirasi orang untuk berubah menjadi lebih baik atau mencapai tujuan yang sama. 

Orang-orang ini selalu dikelilingi orang lain, sebab mereka generator ide. Mereka memberikan nasihat beharga dan menciptakan kondisi yang melibatkan orang-orang aktif. 

3. Mencoba menjadi seorang pembicara

Orang karismatik membuat dirinya selalu bisa berkomunikasi dengan orang lain. Suaranya, artikulasinya, dan pengucapannya seolah sempurna. Masa depan besar selalu ada untuk orang karismatik, karena kemampuan komunikasinya yang sempurna dan sangat penting dalam kehidupan masyarakat modern. Mereka memiliki kecenderungan mudah memulai percakapan dan membuat hubungan harmonis dengan teman bicara.

Anda tidak akan bisa menjadi pembicara profesional jika Anda tidak bekerja keras. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah belajar bagaimana berhati-hati mendengarkan pidato bicara itu. Ini tidak berarti bahwa Anda harus menutup bibir Anda sepanjang waktu. Anda boleh memersilakan untuk mengajukan pertanyaan, mempertahankan percakapan, dan menghilangkan jeda lisan dengan bantuan lelucon.

Jangan lupa untuk mengendalikan dan meningkatkan kualitas artikulasi Anda, karena ekspresi berbiara sangat penting. Orang karismatik dengan mudah mengelola orang dan menangani berbagai situasi, sebab keterampilan diplomatik mereka hampir sempurna.

4. Ikuti gaya hidup aktif

Orang karismatik selalu sibuk seperti lebah. Mereka sering bepartisipasi aktif di berbagai proyek. Jadwal harian mereka padat. 

Jika Anda ingin menjadi karismatik, cobalah untuk lebih aktif. Ini tidak berarti bahwa Anda harus bekerja seperti kuda. Nikmati hidup Anda dan raihlah impian Anda.

Gaya hidup aktif membutuhkan kerja sama konstan dengan masyarakat. Anda harus percaya diri dan tahan terhadap stres dan kritik sosial. Jangan fokus pada kontroversi dan opini publik yang negatif. Terus lakukan hal-hal yang Anda inginkan, maka karisma Anda akan membuat hidup Anda indah, khusus, dan produktif. 

5. Belajar merasakan

Orang karismatik memiliki kepribadian yang selalu masuk akal. Tampaknya mereka memiliki kemampuan membangun hubungan jiwa dengan orang-orang di sekitar mereka. Khusus keterampilan membaca pikiran, orang karismatik bisa membaca dan memahami sifat lawan bicaranya. 

Ketika mereka melihat ke dalam mata Anda, mereka dapat merasakan suasana hati dan emosi, tapi mereka bukan individu yang enstrasensor. Mereka hanya memiliki kesadaran sangat tinggi.

Anda harus mengembangkan kepekaan dan intuisi. Anda bisa merasakah orang lain dengan belajar bagaimana merasakan dan memahami diri sendiri. Mulai dari proses mengatasi ketakutan dan kekurangan Anda. Jika Anda adalah seorang berenergi tinggi, Anda punya kesempatan mengembangkan keterampilan hipnotis yang efektif dikemudian hari.

Keterampilan ini akan membuat Anda lebih persuasif dan sukses. Mereka bisa merasakan dan membaca pikiran orang lain, hanya membuat sedikit kesalahan, karena itu sangat sulit untuk menipu orang karismatik. Mereka bisa melihat semua kekhawatiran tersembunyi dari lawannya.
Sumber : republika.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar