Terapi Perilaku dan Bicara Pada Anak Dengan Gejala Autis


Tatapan Mata Ibu Kurangi Risiko Bayi Derita Autis

Autis muncul karena ada kelainan pada sistem komunikasi. Ini berkaitan dengan perkembangan komunikasi sosial pada otak. Jika disadari sejak awal, maka dapat diterapkan pola komunikasi sosial yang tepat sehingga gejala dan perkembangan autis dapat ditekan sedikit mungkin. 

Kontak mata sebanyak mungkin dengan bayi yang berisiko tinggi menyandang autis, amat sangat dianjurkan kepada orangtua, terutama jika sebelumnya telah memiliki anak autis. Hal itu tidak sekadar anjuran, melainkan dengan dukungan penelitian pada 200 bayi yang mempunyai saudara sekandung autis. 

Di Amerika Serikat, setiap satu dari 150 bayi lahir menyandang autis. Persentasenya menjadi lebih tinggi yakni satu dari 20 bayi baru lahir, jika salah satu kakaknya mempunyai autis. 

Semua bayi itu dimonitor oleh para ahli, dibagi dalam kelompok usia 6, 12, dan 24 bulan. Setengah dari para ibu dilatih teknik tertentu untuk 'menangkap' komunikasi yang disampaikan oleh bayinya. Para ibu itu juga dilatih menarik perhatian bayi, ketika mereka keasyikan sendiri. Dengan mengeluarkan suara pelan berirama serta bertatapan mata. Ini diyakini dapat mempermudah bayi belajar mengenal bahasa. 

Tentunya diharapkan para oarangtua ada ketika bayi meraih mainan dan mencari keberadaan orangtuanya melalui tatapan matanya, orangtua mesti benar-benar hadir ketika bayi memasuki dunianya dan tengah mencari tahu apa yang mesti dilakukan selanjutnya. Ihwal berguman, memainkan nada suara, kontak mata dan model interaksi lainnya antara orangtua terutama ibu dan dengan bayi, diyakini dapat menekan derajat perkembangan autis. 

Namun pada bayi yang terlahir dari orangtua yang sebelumnya telah melahirkan anak autis, orangtua tidak punya pilihan lain kecuali menunggu dengan harap-harap cemas akan nasib buah hatinya. Sayangnya, sampai saat ini seperti diakui Prof Estes, belum ada metode yang tepat untuk membantu orangtua yang memiliki anak autis melewati masa-masa sulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar